Monday 11 May 2015

Packing Light
.....Jadi tips packing light yang pertama tanamkan dalam benak Anda untuk berorientasi pada bepergian dengan pesawat: satu tas utama cukup. Dalam satu tas tersebut Anda bisa melakukan packing barang kebutuhan sejak bangun pagi hingga kembali tidur. Saya sebagai contoh, mengurutkan packing barang dengan prioritas tingkat keterpakaian dan kemungkinan terpakai barang-barang yang ada. Tingkat yang lebih rendah berada di bawah atau di dalam, sedangkan tingkat tertinggi berada di depan atau di atas dengan akses yang paling mudah dijangkau.

Dan ketika misalnya Anda tidak cukup beruntung mendapatkan tiket pesawat dan harus bepergian dengan kereta, bus, ferry atau yang lainnya, percayalah orientasi pesawat tadi membuat Anda bepergian dengan lebih mudah.

TEKNIS

Lalu bagaimana caranya melakukan perjalanan hany dengan satu tas saja? Jawabannya sederhana: bawalah sesedikit mungkin. Ya, memang seringkali jawabannya hanya seperti itu. Terkadang saya letakkan baju-baju dan barang-barang yang sekiranya diperlukan selama perjalanan di atas tempat tidur, atau di sofa, atau di lantai atau dimana saja saya bisa menggelarnya. Saya melakukan inventarisasi barang, menilainya dan mensortirnya lagi disertai pertanyaan sederhana:

"Apakah barang ini benar-benar berguna sekali di bawa dalam perjalanan sehingga saya pantas membawanya? Atau hanya akan menjadi beban?”

Jangan bertanya pada diri Anda:

“Kira-kira barang ini akan terpakai atau tidak ya?”

Pertanyaan di atas bisa menjebak Anda untuk membawa terlalu banyak barang. Jadi menyortir barang bawaan secara bijak akan sangat membantu.

SKENARIO

Cobalah untuk berfikir mengenai skenario perjalanan yang mulus tanpa banyak berfikir skenario di luar kendali seperti hujan badai di tengah perjalanan: lalu Anda berfikir untuk membawa mantel hujan, siapa tau nanti berguna. Padahal Anda bisa berteduh.

Jadi lebih baik biasakan untuk berfikir apa yang bisa saya lakukan tanpa barang ini jika terjadi sesuatu di perjalanan. Faktanya selalu ada solusi dan pilihan lain di luar sana, seperti masalah hujan badai tadi.


TEGAS

Ternyata tegas tidak hanya berurusan  dengan anak-anak atau karywan di kantor, di mana saja termasuk pada godaan yang dinyanyikan barang-barang saat Anda menggelarnya di lantai. Akan ada titik dimana Anda merasa bingung antara membawanya atau tidak, menurut saya jika ragu-ragu sebaiknya tinggalkan.

Biasanya rasa ragu itu muncul dari otak bawah sadar Anda yang sudah melakukan kalkulasi rumit mengenai pengalaman dan referensi lainnya terkait membawa atau tidak membawa barang itu beserta konsekuensinya. Saya sering bepergian dengan membawa banyak peralatan perawatan tubuh dan faktanya saya tidak membutuhkannya.


Bepergianlah dengan ringkas dan mudah. Selalu saja di luar sana para pelancong terbagi menjadi dua tipe, satu yang bepergian dengan ringkas dan mereka yang berfikir mereka bepergian dengan ringkas.

0 comments:

Post a Comment

Visitors