Wednesday 1 July 2015


Penyalahgunaan Narkotika & Obat Terlarang
Saat itu tahun 2012 adik saya yang masih menyelesaikan studinya di UI dalam bidang farmasi sedang mudik ke rumah orang tua. Kebetulan saya juga sedang mendapat cuti setelah beberapa hari sebelumnya mengikuti sebuah workshop tentang drugs dan prekursor di hotel Oriental Mandarin, Jakarta. Kami bertemu di kampung, seperti biasa ba'da isya kami suka bercengkerama di ruang keluarga, ndopok. Untuk kali itu, setelah sekian lama, obrolan kami agak nyambung karena bersinggungan dengan obat-obatan. Hingga sampailah diskusi pada kelakar adik saya yang bikin gatal telinga:

"Aku bisa kok bikin shabu, gampang!"

"What!!? Wait a second. Shabu masakan Jepang?"

"Bukan, shabu-shabu. Meth!"

"Methamphetamine?"

"Yess, mudah itu"

Jika saya ingat gayanya bicara saat itu, sedikit jumawa ya. Apalagi waktu itu dia lagi tajir abis dapat bonus tahunan dan praktekin ilmu-ilmu cara kaya muda sebagai orang kantoran (klik untuk intip tipsnya). Tapi jika adik saya ingat kejadian itu, saya yakin ia akan lebih giat berjuang bersama rekan-rekannya di BPOM untuk melindungi masyarakat dari gempuran obat-obatan berbahaya. 


Meth, Kristal Pembunuh
Methamphetamine atau Meth atau dikenal sebagai sabu-sabu (shabu-shabu) sebenarnya adalah obat psikostimulansia dan simpatomimetik. Dipasarkan untuk kasus parah gangguan hiperaktivitas kekurangan perhatian atau narkolepsi dengan nama dagang Desoxyn, namun lebih seringb eredar secara ilegal di masyarakat dan disalahgunakan sebagai narkotika. "Crystal meth" adalah bentuk kristal yang dapat dihisap lewat pipa.

Dewasa ini penyalahgunaan shabu telah meningkat secara drastis, salah satu sebabnya adalah permintaan dari pengguna cocaine yang banyak beralih ke Meth karena harganya yang lebih murah (karena 100% sintetik dan bisa diproduksi oleh orang rumahan sekalipun), efek "on" yang jauh lebih lama (sekitar 9-15 jam dibanding cocaine yang hanya sekitar 15-20 menit) dan jauh lebih mudah didapatnya di pasar gelap ketimbang cocaine.

Padahal Meth memiliki daya hancur yang luar biasa!

Efek langsung dari konsumsi shabu antara lain :
  1. Hilangnya rasa sakit penyakit dan keinginan untuk tidur
  2. Energi yang meningkat secara drastis
  3. Meningkatnya rasa percaya diri serta konsentrasi
  4. Euphoria/senang
  5. Hilangnya rasa lapar (walaupun tidak semua orang merasakan demikian)
  6. Menjadi lebih sensitif terhadap suara, cahaya, dan sentuhan.
  7. Lebih aktif untuk berkomunikasi
  8. Perasaan bulu kuduk/belakang leher yang merinding
  9. Paranoid dan serangan panik
  10. CANDU!

Shabu menyebabkan kecanduan baik secara fisik maupun secara psikologis. Ciri kecanduan shabu setelah efek dari shabu tersebut drop antara lain :
  1. Rasa menagih yang dalam untuk memakainya kembali
  2. Depresi berat dan hilangnya rasa percara diri
  3. Perasaan khawatir yang sering datang tiba-tiba
  4. Sering mengalami mimpi buruk bahkan insomnia walaupun sangat mengantuk
  5. Gigi yang selalu gemetaran dan bergesekan terus menerus
  6. Badan yang rasanya sakit-sakitan (sebenarnya ini diakibatkan oleh faktor kekurangan tidur atau peradangan tenggorokan atau hidung jika digunakan dengan cara dihisap asapnya atau disedot langsung menggunakan hidung)
 Pemakaian jangka panjang dari shabu mengakibatkan :
  1. Kerusakan pada fungsi hormon dopamine, serotonin, dan noradrenaline sehingga juga ikut mengacaukan fungsi keseimbangan hormon lainnya di otak (hypothalamus)
  2. Kerusakan paru2 (terutama bagi yang menghisap asap atau langsung), ginjal, dan liver
  3. Penurunan daya tahan tubuh terhadap penyakit
  4. Kerusakan di seluruh sistem saraf otot dan kulit yang menyebabkan gemetaran pada otot terutama di bagian gigi, tangan dan kaki serta munculnya banyak kedutan2 di seluruh tubuh
  5. Perasaan terdapatnya banyak "kutu-kutu" yang merayap di kulit sehingga sering membuat si pecandu menggaruk kulitnya terus menerus sampai terluka dimana2
  6. Menjadi lebih beresiko terserang stroke dan penyakit jantung
  7. Meth mouth yaitu kerusakan berat pada gigi yang menyebabkan kehancuran dan pembusukan gigi oleh karena kondisi mulut yang terus menerus kering dan terjadinya gesekan-gesekan secara terus menerus pada gigi

Shabu merupakan jenis narkoba pembunuh no-2 di Indonesia dibawah putaw, tanpa membunuhpun zat ini akan meninggalkan cacat selama puluhan tahun kepada mantan2 pencandu beratnya yang sudah berhenti memakainya.
Efek konsumsi meth

Mudah Dibuat
Asal tahu saja methamphetamine pertama dibuat dari ephedrine di Jepang pada 1893 oleh Nagai Nagayoshi. Mungkin itu sebabnya nama beken Meth di Indonesia adalah shabu-shabu, mirip-mirip kuliner asal Jepang. Beberapa literatur mengatakan pembuatan pertama Meth dilakukan di Jerman pada masa perang duni II. Nah, boleh jadi nama bekennya bukan lagi shabu-shabu tapi Niedersachsen  atau Schleswig-Holstein, susah menyebutkannya hehe.

Baik kembali ke kelakar adik saya soal Meth, terlepas dari kelakarnya memang benar atau hanya bualan seorang farmakolog muda, tapi sejauh pengetahuan saya memang benar bahwa pembuatannya relatif mudah. Sangat mudah bahkan, dengan hamparan informasi tutorial di internet (untungnya youtube, google, rajin melakuakn filterisasi). Itulah mengapa para bandar narkoba dapat memproduksinya hanya dari dapur sebuah apartemen kecil. Dalam banyak literatur yang saya peroleh, dikenal apa yang disebut dengan dapur-dapur klandestin, atau dapur rahasia. Dimana para penjahat itu memasak bahan-bahan kimia sedemikian rupa menjadi Meth.

Hanya sebagai gambaran saja, bahan yang digunakan untuk membuat Meth adalah efedrin (atau pseudoefedrin) yang banyak terkandung dalam obat flu atau obat batuk. bahan berikutnya adalah yodium, eter, natrium hidroksida, fosfor merah, dan asam klorida. Alat yang akan dibutuhkan adalah stoples plastik dengan tutup, filter kopi, pipet, corong, dan pot kopi. Sangat mudah dicari bukan? Bahkan seorang yang kepepet bisa saja membuat Meth dengan modal tidak sampai seharga large pan pizza. Semoga ilmu-ilmu semacam itu tidak banyak diketahui oleh orang yang tidak bertanggungjawab.


Perlu Anda camkan, bahwa di luar negeri dan di Indonesia percobaan pembuatan Meth adalah ilegal. Dan dapat dikenakan sanksi serius. Jadi informasi di atas hanyalah sebagai gambaran bahwa memang ancaman peredaran ilegal Meth sangatlah besar, dikarenakan mudahnya teknik pembuatan Meth. Saya tidak akan menuturkan bagaimana pembuatannya, itu ilegal!

Prekursor, Bahan Baku
Penyalahgunaan dan peredaran ilegal Narkotika, Psikotropika saat ini telah mencapai situasi yang mengerikan. Indonesia sendiri sudah dalam status GAWAT NARKOBA! Ditambah dengan pengaruh arus globalisasi dibidang informasi, transportasi dan modernisasi yang melunturkan barrier-barrier antar negara, peredaran narkotika dan psikotorpika semakin merajalela.
Meth dari Efedrin

Berbagai upaya pencegahan terhadap penyalahgunaan dan peredaran Narkotika dan Psikotropika telah dilakukan antara lain dengan pengawasan yang ketat sejak pengadaan bahan baku sampai dengan penggunaannya. Namun demikian peredaran gelap tetap saja terjadi. Saat ini situasi sudah merambah kepada peredaran prekursor, bahan yang digunakan untuk membuat Narkotika dan Psikotropika.

Apa itu Prekursor? Prekursor adalah zat atau bahan pemula atau bahan kimia tertentu yang dapat digunakan sebagai bahan baku atau penolong untuk keperluan proses produksi industry dan apabila disimpangkan dapat digunakan dalam memproses pembuatan narkotika dan atau psikotropika.

Sesuai dengan ketentuan Internasional menurut Konvensi PBB pada tahun 1988, tentang pemberantasan Peredaran Gelap Narkotika dan Psikotropika jenis prekursor yang diawasi secara internasional ada 23 jenis. Sedangkan dalam lingkup nasional sesuai Surat Keputusan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan RI tentang pemantauan dan Pengawasan Prekursor ditetapkan 15 jenis precursor yang diwajibkan menggunakan SPI/SPE untuk mengimpor/ mengekspor perkursor.


Versi PBB:
    efedrin,
    ergometrin,
    ergotamin,
    asam lisergat,
    1-fenil-2-propanon,
    anhidrida asetat,
    aseton,
    asarm antranilat,
    etil eter,
    asam fenil asetat,
    piperidin,
    asam N-asetil antranilat,
    isosarfol,
    3,4-metilendioksifenil-2-propanon,
    piperonal,
    safrol,
    toluen,
    asam sulfat,
    kalium permanganat,
    metal etil keton,
    asam
    klorida,
    norefedrin.

Versi BPOM:
    anhidrida asetat,
    asam fenilasetat,
    asam lisergat,
    asam N- asetil antranilat,
    efedrin,
    ergometrin,
    ergotamin,
    1-fenil-2-propanon,
    isosafrol,
    kalium
    permanganat,
    3,4-metilendioksi feni 2-propanon,
    norefedrin,
    pseudoefedrin,
    safrol.
Kenapa perlu diawasi? Karena dapat digunakan untuk membuat narkotika dan atau psikotropika. Bahaya!

Pengawasan Prekursor
Secara mudah tujuan pengawasan prekursor adalah mengamankan masyarakat dari bahayanya namun tetap menjamin pemenuhan kebutuhan yang legal sesuai hukum yang berlaku. Misalkan terpenuhinya prekursor untuk industry farmasi dan non farmasi, kepentingan pendidikan, pengembangan ilmu pengetahuan dan pelayanan kesehatan. Selain daripada itu prekursor sangat berpotensi disimpangkan penggunaanya, diedarkan secara ilegal untuk mafia narkoba.

Prekursor juga hanya boleh diimpor atau diekspor oleh importir dan eksportir tertentu. Untuk prekursor non farmasi hanya boleh diimpor oleh importir tertentu prekursor setelah mendapatkan rekomendasi dari Bareskrim dan BNN untuk pedagang, sedangkan untuk industry setelah mendapatkan rekomendasi dari Industri Argo dan Kimia (IAK). Untuk ekspor prekursor non farmasi hanya boleh diekspor oleh eksportir tertentu prekursor setelah mendapatkan rekomendasi dari Bareskrim dan BNN. Begitu juga dengan impor dan ekspor prekursor farmasi  harus diimpor oleh importir tertentu/ importir produsen farmasi serta eksportir farmasi.

Prekursor ini diawasi oleh beberapa instansi di Indonesia, diantarnya: Bea Cukai, Badan POM, Deperdag, Depkes, BNN Satgas Prekursor, Dit IV Bareskrim dan Deperind.

Terkait dengan kegiatan ekspor impor prekursor yang legal (memenuhi persyaratan hukum) ada kodifikasi untuk masing-masing jenis. Harmonized System memuat prekursor tersebut dalam daftar kode HS yang bisa dilihat disini.

Mari kita perangi narkoba, lindungi masa depan bangsa ini, lindungi generasi muda!

268 comments:

  1. Gua laporin lu ke ke polisi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. :>) ampun brooo.... jangan donk

      Delete
    2. Jdi gimana cara bikin sabu nya bang?

      Delete
  2. ada gak cara menetralisir bagi sipengguna....mksudnya pada saat digunakan meth menjadi netral atw tak berfungsi.....trims.....infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minum susu putih atau susu beruang aj.. Biar cpet

      Delete
    2. Setau saya susu gak bisa bikin netral efek meth deh, klo susu beruang itu untuk penggunaan extacy bisa berfungsi cepat..tapi kalo untuk meth harus menggunakan obat dokter khusus pecandu narkoba..

      Delete
    3. makan permen karet terus paksain makan coba aja itu ilmu yang saya dapat kan

      Delete
    4. Kmu cari air kelapa hijau llu km ksih sedikit garam

      Delete
    5. dulu saya pecandu juga , untuk menetralkan efek sabu cukup paksakan minum cappucino/susu putih .hindari minuman soda atau minuman ber energi seperti X.trajoss dan kratingdaeng

      Delete
    6. klo mau ngilangin kamu tau ga.. minum tuak aren 1x2hari tiap malam.paling sikit slama 1 bulan. ngumbe tuak aren ampe enak bobok..

      Delete
    7. klo mau ngilangin kamu tau ga.. minum tuak aren 1x2hari tiap malam.paling sikit slama 1 bulan. ngumbe tuak aren ampe enak bobok..

      Delete
    8. Hisap gelek biar netral broo

      Delete
  3. Untuk pemesanan atau mau jadi kaki saya bisa hubungi saya 085700310883

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gila.. Kebal hukum. Lo bro...
      Jiaah...
      Testernya dulu donk
      Wkwkwkwk

      Delete
    2. Mau bang jadi kaki tangan abang

      Delete
    3. Ane dri jkt nih om, mau dong jdi kudaa

      Delete
    4. Ane dari jakarta juga nih om kali bisa jadi kuda, tenang ane channel buat jual ada kalo minat Email aja @Storecassual@gmail.com yg penting hasil di bagi rata

      Delete
    5. Anjir jualan onlinr sabu dong

      Delete
    6. Kaki mu bauk bg 😂😂

      Delete
    7. nih bagi yg nyari sabu bisa tanya2 ke instagramnya @informasi_blackmarket
      banyak rekomendasi sesuai domisili kalian

      Delete
  4. Bagi yang ingin tahu resep lengkapnya ke andry.khaizar@gmail.com

    ReplyDelete
  5. Bagi yang ingin tahu resep lengkapnya ke andry.khaizar@gmail.com

    ReplyDelete
  6. Jual bahan kimia pro analis dan teknis 081383163811muhammad jaelani

    ReplyDelete
  7. Buat yg serius gw kasih tau cra produksi 082133549248

    ReplyDelete
  8. W buat gagal, malah jdi cair, bukan cristal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Carabikin.a gmn kok bsa gagal.. Email ke ucokpelor542@gmail.com

      Delete
    2. Mohon gabung admin & kawan2 .. mau numpang poromosi , sedia paket kecil2an . Bahan & scale kualitas OKE . Email : cipimart@gmail.com ( maaf pemain baru ) . Thx

      Delete
  9. email ane gan masahitam307@gmail.com
    ane kasi resep ok punya
    apa lagi cuma kristalisasi
    yang dosis dewa juga ane bisa ajarin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon gabung admin & kawan2 .. mau numpang poromosi , sedia paket kecil2an . Bahan & scale kualitas OKE . Email : cipimart@gmail.com ( maaf pemain baru ) . Thx

      Delete
    2. Bg tolong ajarin buat nya bang

      Delete
    3. Email aja. cipimart@gmail.com

      Delete
  10. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. Yang mau diajarin bikin/ubas email aj ke bg ucokpelor542@gmail.com

    ReplyDelete
  13. Klo yang udh mo stop tanpa sugest cpat...n..g kaya ma yat hdup lg...085777120748..dijamin.normal lg

    ReplyDelete
  14. Klo yang udh mo stop tanpa sugest cpat...n..g kaya ma yat hdup lg...085777120748..dijamin.normal lg

    ReplyDelete
  15. nyari weed / Meth ke langganan ane Line ID @drquincy use (@)
    Hanya ini toko online terpercaya yg saya tau #cumapenikmat #sesamatauyaabantu

    ReplyDelete
  16. Replies
    1. Serius bro?
      Lu pernah ketipu ya?
      Gmn lu bs kena?
      Gue mau blanja nih?

      Delete
  17. Khusus area jawa . Email : jgjk0009@gmail.com

    ReplyDelete
  18. Khusus area jawa . Email : jgjk0009@gmail.com

    ReplyDelete
  19. Khusus area jawa . Email : jgjk0009@gmail.com

    ReplyDelete
  20. yg serius minat ubas . wa wiedcool@gmail.com

    ReplyDelete
  21. jual instan enjoy no tipu2 . buktikan saja .. wiedcool@gmail.com

    ReplyDelete
  22. Angkat jadi murid bos...
    Siap

    ReplyDelete
  23. Kalo mesen Langsung Jadi Chanel nya dimana Aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. email kesini bos . elegantstyle209@gmail.com

      Delete
  24. eceran tanpa basa basi . tipu2 minggir aja .. elegantstyle209@gmail.com

    ReplyDelete
  25. area jabotabek bos, paket besar kecil ada semua.. yg serius aja kagak serius gak usah banyak nanya. bukan acara tanya jawab!!! hubungi gw di masahza55@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sulawesi siap kerja?..pengen cari jalur masalah pelempr dan ps.sya banyak?maw cari jalur yg betul betul ada dan no..tipu tipu email:hadrahj7@mail.con

      Delete
    2. Siap jadi kuda nih dari jakarta channel pembeli banyak, hasil bagi rata @storecassual@gmail.com

      Delete
  26. READY UBAS BAHAN ISTIMEWA . CEPU , TIPU2 LEWAT AJA !! email : bluepasir9@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon gabung admin & kawan2 .. mau numpang poromosi , sedia paket kecil2an . Bahan & scale kualitas OKE . Email : cipimart@gmail.com ( maaf pemain baru ) . Thx

      Delete
  27. READY UBAS BAHAN ISTIMEWA . CEPU , TIPU2 LEWAT AJA !! email : bluepasir9@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon gabung admin & kawan2 .. mau numpang poromosi , sedia paket kecil2an . Bahan & scale kualitas OKE . Email : cipimart@gmail.com ( maaf pemain baru ) . Thx

      Delete
  28. daerah semarang , parakan , temanggung, jogja , wonosobo . yg butuh ubas bisa email ke bluepasir9@gmail.com ( BISA COD )

    ReplyDelete
  29. READY UBAS !!! daerah semarang , parakan , temanggung, jogja , wonosobo, pruwokerto, purworejo, magelang, kebumen, kutoarjo, pirbalingga, klampok. yg butuh ubas bisa email ke bluepasir9@gmail.com ( BISA COD ) YH SERIUS AJA !!!!

    ReplyDelete
  30. Gua mantan pecandu sabu, tapi gua bisa lepas tu,,,kalo gk ada duit, terus kalo ada duit mending beli skin buat main game, pasti badan dan otak lo lupa kalo lu pecandu sabu

    ReplyDelete
  31. utk peminat ubas yg ga mau repot bisa langsung pesan / order. harga terjangkau brg istimewa wanginya...
    utk penipu jgn d sini !!!
    minat email ke : good.real94@gmail.com

    ReplyDelete
  32. Emai saya siap bekerja sama . Siap mengajari anda smpai ahli . Nouvalsanjaya7@gmail.com

    ReplyDelete
  33. Emal saya . Nauvalsanjaya7@gmail.com siap d panggil ketempat anda untuk mengajar . Bisa juga open order bahan kimia terlengkap dan terpercaya di tmpat saya .

    ReplyDelete
  34. zory ga ada niat jatojin lainua .. gue hanya pemake , gue ga kenal good.real94 . gue spekuliasi aja pesan d situ .. ternyata dtg beneran .. saran ( coba yg mau pesan email ke abang ini good.real94@gmail.com ) baru kali ini sy ga kena tipu alias nyata paket datang !! THX . yg lain jgn mau ketipu

    ReplyDelete
  35. silahkan yg mau cari sabu , penipu / police / cepu permisi .. kalian mending minggir ..
    email : pancaguntur52@gmail.com

    ReplyDelete
  36. Replies
    1. Mohon gabung admin & kawan2 .. mau numpang poromosi , sedia paket kecil2an . Bahan & scale kualitas OKE . Email : cipimart@gmail.com ( maaf pemain baru ) . Thx

      Delete
  37. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  38. PENGEN NYARI GURU SAMPE BENER AHLI.
    SOAL KOMISI DIBICARAKAN FACE TO FACE

    Email saya yang serius aja homeediting5@gmail.com
    Wabah penyakit tolong minggir dlu

    ReplyDelete
  39. Gak Main kasino online? Why? Semua gampang, semua ada, semua dapat bonus. 1 Akun untuk semua Permainan. Hanya di Bandar55 memberikan lebih-lebih dan lebih. Daftar sekarang GRATIS!!!
    Info bisa hubungi WhatsApp +6281381734654

    ReplyDelete
  40. KucingPoker(dot)net adalah situs permainan dominoqq online dan Bandar Capsa Online yang memberikan bonus member baru 20% untuk minimal deposit 50rb.Dapatkan juga bonus turn over 0,3% dan bonus referral 10%. Bermacam macam jenis permainan seperti BANDAR CAPSA, BANDAR CEME, POKER ONLINE, LIVE POKER, DOMINO99, DOMINOQQ.
    Dijamin dapat Bonus Salsdo / Koin, info hubungi WhatsApp : +855962611863

    ReplyDelete
  41. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  42. Yg mau beli Ibas kualitas no 1, untuk wilayah Jawa dan sekitarnya. Hub WA : +6289662490574. Buat yg serius aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gw punya sisik tringgiling

      Delete
    2. Sulawesi siap kerja buka jalur email:hadrahj7@gmail.com..081356045259

      Delete
  43. yang di daerah padang ada gak ?

    ReplyDelete
  44. lagi nyari daerah wonosobo ada yg jual kgak ya??? Pengen beli dikit, kalo ada neh wa ane 082385403728, pengen beli kecil2'an aja buat pake sendiri

    ReplyDelete
  45. Yg mau cari ubass siap kirim no tipu2..pemesanan lewat aplikasi onlain Tokopedia jadi gk mungkin kena tipu..hub email spidernaruto80@gmail.com

    ReplyDelete
  46. Saya daerah samarind..ad no kontak wa kh

    ReplyDelete
  47. Srius agan bos yg mau berbagi ilmu dan mau ajarin saya sampai bisa jdi koki ubas, stalah sukses sya kasih bonus, Wha 0895-1612-3707

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di jamin ke Kerahasian data agan yg mau berbagi ilmu nya SMA sya.

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  48. Daerah Sukabumi Ada di sinih..

    ReplyDelete
  49. Banyuwangi hadir email: slamet19197@gmail.com

    ReplyDelete
  50. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  51. Gw punya banyak pembeli di bali, yg mau bantu supply boleh, aman dan terpercaya, sehari biasa laku 5-10g.wa 085857271288

    ReplyDelete
  52. Daerah sampit ada ngk yg jual ubas.

    ReplyDelete
  53. ready eceran bungberli@gmail.com

    ReplyDelete
  54. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups bos .. langsung email aja bos " bungberli@gmail.com "

      Delete
    2. Yups bos .. langsung email aja bos " bungberli@gmail.com "

      Delete
    3. Yups bos .. langsung email aja bos " bungberli@gmail.com "

      Delete
  55. Silahkan do order . Bahan baru turun TOP bgt . No cepu & tipu2 . Buktikan sj

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya ga yakin tadinya,, spekulasi nyampr jg bahanya.. sory om td agak emosi soalnyaawalnya ga percaya . Tapi ternyata REAL . Bahan sesuai scale jga sip. Mantab bung berli

      Delete
    2. Saya ga yakin tadinya,, spekulasi nyampr jg bahanya.. sory om td agak emosi soalnyaawalnya ga percaya . Tapi ternyata REAL . Bahan sesuai scale jga sip. Mantab bung berli

      Delete
    3. Saya ga yakin tadinya,, spekulasi nyampr jg bahanya.. sory om td agak emosi soalnyaawalnya ga percaya . Tapi ternyata REAL . Bahan sesuai scale jga sip. Mantab bung berli

      Delete
    4. adakah bung? cek email..

      Delete
    5. Waspada tipu2 . Di jamin tidak mengecewakan . Email good.real94@gmail.com

      Delete
    6. Ungaran/Bwn tempel bung?

      Delete
    7. ungaran email aja . bungberli@gmail.com

      Delete
  56. Ternyata masih ada jga d sini yg real jualan . Bahan sampai sesuai pesanan .. Makasih buang berli

    ReplyDelete
  57. Kalo bisa berenti lah mahal hasil enga ada juga buat kita kita beli mahal mahal rasa begitu ajh klo masih awal pertama ok lah skrng banyak kawe nya bro ydh enga aseli lg kaya dulu awal pertama tama ada mending skrng minum ajh udh beli mahal rasa enga kaya dulu lg

    ReplyDelete
  58. Yg ragu mundur sj . Prioritaskan yg bener2 serius . Tipu2 minggat !! Kami sedia eceran . Email good.real94@gmail.com

    ReplyDelete
  59. Mohon gabung admin & kawan2 .. mau numpang poromosi , sedia paket kecil2an . Bahan & scale kualitas OKE . Email : cipimart@gmail.com ( maaf pemain baru ) . Thx

    ReplyDelete
  60. Siap kirim. Yg dekat bisa COD . email ortonodosnew@gmail.com

    ReplyDelete
  61. Saya lagi cari murid sekaligus partner bisnis online 👍

    ReplyDelete
  62. Alah,,,,nipu mulu kerja lo,sgala ngaku" jualn lah.

    ReplyDelete
  63. untuk wilyah Jakarta Timur,Barat,Pusat,selatan dan Bekasi,Yg butuh kurir email storecassual@gmail.com dijamin aman dan lolos, bagi yg punya bahan mau di jual sini oper ke gue dari kalangan mahasiswa sampe kalangan elite siap masuk.

    ReplyDelete
  64. Tangerang Redy minat email: layuaku2@gmail.com kualitas no 1

    ReplyDelete
  65. Ready partai besar per kg harga dibawah pasaran bayar ditempat.. email kill39950@gmail.com

    ReplyDelete
  66. Yang daerah surabaya bisa kasih no wa nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Koq ga muncul wa ny gan.. Serius

      Delete
    2. 085719207622 w.a aja ksini wilayah surabaya
      atau ke ig @systemdimension

      Delete
  67. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  68. Ready : Metilendioksimetamfetamina
    (Mdma)
    Ephedrine hcl

    mdma92726@gmail.com

    ReplyDelete
  69. Yg mau oper barang ubas,oper sama saya, siap menjadi fatner/rekan bisnis,dijamin bisa pegang rahasia.

    ReplyDelete
  70. Gue pngen bisa ad yg mw ajarin

    ReplyDelete

Visitors